Material

Tips Memilih Jenis Waterproofing yang Tepat untuk Mengatasi Kebocoran

Jenis Waterproofing

Ketika memasuki musim penghujan, seringkali kita menemukan beberapa titik atau celah bangunan yang mengalami kebocoran. Pastinya, hal ini sangat mengganggu aktivitas di dalam bangunan tersebut. Apalagi jika hujan hujan turun dengan deras, tentu harus segera diatasi agar tidak merusak struktur bangunan.

Nah, dari pada anda harus mengatasi masalah ini, lebih baik jika diawal pembangunan sudah direncanakan untuk menggunakan waterproofing. Terlebih lagi, kini tersedia berbagai jenis waterproofing yang cukup ampuh untuk digunakan sebagai pelapis anti bocor. Misalnya saja waterproofing sika yang sering dimanfaatkan untuk lapisan berbagai area. Harga waterproofing sika sendiri bisa terbilang cukup lumayan dengan berbagai keunggulannya.

Memilih Pelapis Waterproofing Tidaklah Mudah

Tersedianya berbagai jenis waterproofing di pasaran, terkadang membuat anda bingung dalam memilih jenis waterproofing yang tepat. Ditambah lagi dengan maraknya toko toko bangunan yang menyediakan bahan waterproofing. Bahkan, waterproofing kini sudah banyak dijual secara online untuk memenuhi kebutuhan bangunan anda.

Anda makin bingung harus memilih waterproofing apa yang tepat? Di bawah ini, akan diulas mengenai tips memilih waterproofing yang tepat untuk pelapis anti bocor bangunan anda. Yang terpenting, anda harus memilih toko yang terpercaya dan memiliki kualitas yang ngga abal abal.

Tips Memilih Jenis Waterproofing yang Tepat

Tips Memilih Jenis Waterproofing

Sebelum membeli waterproofing untuk bangunan anda, hal terpenting yang harus dilakukan adalah pemlihan yang tepat. Nah, biar ngga salah pilih, sebaiknya anda perhatikan tips tips memilih waterproofing di bawah ini!

1. Pilihlah bahan dasar waterprooofing yang tepat

Waterproofing memiliki tiga jenis bahan dasar, yaitu dari akrilik, polyurethane atau PU, dan juga bahan cement based. Bahan cement based, berasal dari material cair dan bubuk, yang sekilas teksturnya hampir mirip seperti bahan semen. Sementara untuk polyurethane dan juga akrilik, hanya memiliki satu  material komponen yakni dalam bentuk yang mirip cat. Perlu kamu ketahui, bahwa ketiga bahan bahan ini memiliki perbedaaan dalam segi penggunaan dan manfaatnya.

2. Kenali jenis dan fungsi masing masing waterproofing

Memiliki komponen bahan yang berbeda, tentunya membuat masing masing jenis waterproofing juga memiliki fungsi berbeda pula. Sehingga kamu perlu menentukan terlebih dulu lokasi yang akan dilapisi waterproofing, lalu memilih jenis dengan fungsi yang tepat.

Misalnya saja waterproofing jenis akrilik untuk lokasi pemasangan dinding luar bangunan ataupun genting. Karena waterproofing ini sangatlah tepat untuk lokasi yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Sementara waterproofing untuk lokasi yang rawan kelembaban ataupun basah, cement based ini tepat untuk diaplikasikan di area tersebut. Contohnya yakni area kolam, kamar mandi, ataupun basement.

3. Jangan terlalu terfokus harga waterproofing

Harga memang bukanlah hal utama yang wajib anda perhatikan saat memilih waterproofing. Karena untuk lapisan anti bocor, lebih baik anda memilih jenis dan kualitas waterproofing yang sesuai dengan penggunaan. Misalnya saja untuk harga waterproofing berbahan akrilik, tentu harganya akan cenderung lebih tinggi ketimbang cement based waterproofing.

Namun anda jangan tergoda memilih waterproofing akrilik untuk pengaplikasian di area dinding luar hanya karena harganya yang mahal. Jangan sampai anda terlalu memproritaskan harga waterproofing dak beton dibandingkan kualitas dan tujuan penggunaannya. Karena justru akan merugikan anda dan waterproofing tidak bekerja secara optimal.

Itulah 3 tips penting yang harus anda ketahui sebelum memilih waterproofing. Nah, setelah mengetahuinya, kini anda bisa membeli lapisan anti bocor ini di toko terpercaya. Perhatikan juga harga waterproofing dak beton yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dan fungsi penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *