Konstruksi

Ini Dia Model Konblok yang Cocok untuk Taman Anda

Model Konblok untuk Taman di Rumah

Konblok adalah jenis bahan bangunan yang dibuat dari material semen, air, dan bahan tambahan lain yang menguatkan strukturnya. Bahan bangunan ini sering juga disebut dengan nama bata beton atau paving block atau paving stone. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan bahan bangunan yang satu ini karena di Indonesia sudah sering digunakan baik di jalan umum maupun taman pribadi di rumah.

Bata beton atau paving block ini memiliki fungsi utama yaitu menutup permukaan tanah. Biasanya pemasangan paving block dilakukan untuk membuat lingkungan menjadi terlihat lebih bersih. Selain itu, pemasangan paving block ini juga bertujuan membuat lingkungan menjadi terlihat lebih rapi. Apalagi ketika musim hujan, tanah yang tertutup paving block akan terlihat lebih rapi dan tidak becek.

Meskipun menutupi permukaan tanah tapi perlu diketahui bahwa paving block tidak menghambat air untuk meresap ke dalam tanah. Justru sebaliknya, paving block memiliki penyerapan air yang sangat baik. Dengan begitu, air bisa masuk meresap ke dalam tanah dan memberikan persediaan air yang lebih dari cukup bagi kita. Jadi, menutup permukaan tanah dengan paving block bukanlah sebuah masalah.

 

Paving Block untuk Taman

Conblok banyak digunakan di berbagai tempat dan salah satunya adalah taman. Seperti kita tahu bahwa taman merupakan tempat yang didesain secara estetik yang bisa menyegarkan mata dan pikiran. Selain dipenuhi dengan aneka jenis tanaman yang indah, taman juga memerlukan konblok yang sesuai agar desain taman terlihat semakin indah secara keseluruhan.

Penggunaan paving block untuk taman tentu berbeda dengan penggunaan paving block untuk jalan atau trotoar. Tipe paving block yang bisa digunakan juga berbeda. Untuk jalanan, paving block yang digunakan harus memiliki kekuatan tekan yang tinggi. Jika digunakan untuk taman, maka Anda bisa menggunakan paving block yang kekuatan tekannya lebih rendah.

 

Pilihan Bentuk Paving Block

Selain memperhatikan kekuatan tekan dari paving block yang akan dipasang di taman, Anda juga perlu memperhatikan bentuk paving block yang akan digunakan. Seperti kita tahu bahwa ada banyak jenis bentuk paving block yang beredar di pasaran saat ini. Anda bisa menggunakan bentuk paving block yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Selain tersedia dalam bentuk persegi panjang, paving block juga tersedia dalam bentuk segi enam, topi uskup, segi empat, trihex atau menyerupai sarang lebah, unipave atau cacing, dan lain sebagainya. Pilihlah bentuk paving block yang bisa menambah keindahan taman. Bentuk hexagon atau segi enam sering dipilih untuk dipasang di taman-taman.

 

Warna Paving Block

Bagaimana dengan kombinasi warna paving block yang akan digunakan? Ada banyak pilihan warna paving block saat ini. Tak hanya warna abu-abu yang natural, Anda bisa menggunakan warna-warna lain seperti kuning, merah, hijau, dan lain sebagainya. Kombinasikan warna-warna tersebut dengan baik agar tercipta suasana taman yang indah.

Jika Anda ingin memberi kesan hidup pada taman, maka gunakan warna-warna paving block yang cerah. Kombinasikan warna paving block dan sesuaikan dengan bentuk paving block yang ada. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan motif atau susunan paving block yang memuaskan.

Itulah tadi sedikit informasi seputar motif atau model susunan konblok yang bisa Anda terapkan di taman Anda. Jika Anda membutuhkan paving block dengan aneka warna dan bentuk, langsung saja kunjungi tempat jual paving block terdekat. Pastikan paving block yang Anda beli berkualitas tinggi sehingga bisa tahan lama digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *