Material

Mengenali Jenis-jenis Besi Hollow dan Kelebihannya

Jenis-jenis Besi Hollow

Seperti namanya, besi ini berbentuk segi empat dan memiliki rongga di kedua sisinya. Saat ini penggunaan hollow banyak ditemui hampir semua konstruksi bangunan, seperti gedung maupun rumah tinggal. Besi yang bernama asli Hollow Structural Section ini, tidak hanya memperhatikan kualitasnya, tetapi juga memperhatikan unsur estetikanya. Hollow bisa digunakan untuk kanopi, teralis, pagar, railing tangga, furnitur, hingga plafon.

Besi jenis hollow ini menjadi favorit karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan material lainnya. Besi ini tidak mudah rapuh jika diserang rayap, memiliki harga yang ekonomis, tidak menghantarkan api sehingga cocok untuk material utama konstruksi bangunan, dan bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Tidak hanya itu, bentuknya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk bujur sangkar, elips, persegi, dan lingkaran. Begitupun dengan ukurannya yang juga memiliki banyak pilihan.

Jenis-jenis Besi Hollow

Selain memiliki macam-macam bentuk dan ukuran, besi jenis hollow ini memiliki 3 jenis berdasarkan bahan pembuatannya. Di mana setiap jenisnya memiliki karakternya masing-masing. Mau tahu apa saja? Simak uraiannya di bawah ini!

1. Besi Hollow Galvalume

Jenis besi yang disebut juga Zinc-Alume ini, memiliki ketahanan dan kekuatan terhadap karat dan korosi yang paling tinggi dibanding jenis hollow lainnya. Akan tetapi, hal itulah yang membuat harga besi hollow ini lebih mahal dari material hollow yang lain.

Sebagai rangka plafon, kandungan lapisan yang dimilikinya tidak berbeda dengan kandungan baja ringan profil C. Kandungannya terdiri dari 43,5% unsur besi, 55% unsur coating aluminium, dan 1,5% lapisan silicon. Begitupun dengan kekuatannya yang sangat tinggi, tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

2. Besi Hollow Gypsum

Besi Hollow Gypsum

Hollow gipsum adalah jenis hollow yang saat ini menjadi favorit setiap orang. Banyak diantara mereka yang menggunakan material ini sebagai rangka plafon, baik di rumah maupun di gedung. Kualitas dari material ini lebih unggul dibanding jenis material lainnya, seperi kayu, yaitu lebih tahan lama, anti rayap, lebih ringan, dan lebih kokoh. Tidak hanya itu, harga besi hollow gipsum ini yang paling murah dibanding jenis hollow lainnya. Sayangnya, fungsi material ini sangat terbatas.

Bahan dasar pembuatan hollow gipsum adalah besi yang dilapisi oleh meni dan stainless. Umumnya cat untuk melapisi hollow ini adalah warna hijau atau merah. Dari segi ukurannya pun sangat bervariasi, yakni berkisar antara 0,3 mm dan 0,4 mm.

3. Besi Hollow Galvanis

Kualitas material ini berada di bawah hollow galvalume dan di atas hollow gipsum. Harus membutuhkan ketelitian yang tinggi ketika memotongnya agar tidak tergesek material lain, sebab hollow galvanis mudah mengalami korosi dan mudah berkarat. Hal itu disebabkan oleh kandungan yang dimilikinya. Hollow galvanis mengandung 97% seng, 1% unsur aluminium, dan sisanya merupakan unsur lainnya. Maka dari itu, hollow galvanis memiliki harga satu tingkat di bawah hollow galvalume.

Untuk penggunaannya, hollow galvanis membutuhkan lapisan tambahan yang bersifat anti karat dengan cat besi yang memiliki kualitas tinggi. Hal itu dilakukan agar umur besi bisa lebih awet dan tahan terhadap kondisi cuaca apapun. Sama seperti jenis hollow lainnya, ukuran hollow jenis ini juga beragam, yaitu berkisar antara 0,3 cm sampai 0,5 cm. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, tampilan besi galvanis sangat rapi.

Itu dia ketiga jenis besi jenis hollow yang bisa kita jumpai di pasaran. Walaupun memiliki banyak keunggulan, tetapi kita harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu salah satunya dengan menyesuaikan kondisi bangunan yang akan dipasangi besi ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *