Pembangunan

Membersihkan Plafon Rumah Ternyata Mudah, Inilah Triknya!

Merawat rumah adalah salah satu cara untuk menjaga agar tetap kokoh dan bisa ditinggali selama mungkin. Melakukan perawatan rumah secara keseluruhan memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, merawat rumah sebaiknya dilakukan secara berkala, seperti mengecat tembok yang kusam, kemudian di lain waktu mewarnai ulang kusen jendela, hingga menghilangkan noda pada plafon.

Plafon rumah tidak luput dari perhatian tamu. Inilah alasannya pemilik rumah sering menggunakan ornamen atau lampu yang menarik agar plafon tidak tampak monoton. Ada beberapa jenis plafon rumah, mulai dari GRC, gypsum, hingga plafon akustik (acoustic ceiling). Setiap jenis plafon tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti contohnya adalah acoustic ceiling yang mudah diganti atau dilakukan perbaikan dan meredam suara lebih baik. Sehingga suara bising dari bagian atas rumah tidak terlalu terdengar dan suasana rumah jadi lebih tenang.

Penyebab Timbulnya Noda Pada Plafon

 

Masalah utama pada plafon rumah adalah noda danĀ Acoustic ceiling juga tidak terlepas dari masalah ini. Harga plafon akustik memang terjangkau dan mudah diperbaiki, tetapi alangkah baiknya jika merawat plafon tanpa harus selalu mengganti dengan yang baru. Noda pada plafon biasanya disebabkan oleh keadaan yang lembab. Plafon merupakan batas antara atap dengan ruangan di bawahnya. Jadi, kalau ada noda pada plafon, penyebab yang paling mudah ditebak adalah terjadi kebocoran. Selain atap yang bocor, kotoran yang terlalu lama mengendap pada plafon juga dapat menyebabkan bercak noda.

Oleh sebab itu, ada baiknya sering mengecek kondisi atap atau membersihkan kotoran pada plafon agar tidak menimbulkan noda. Terlalu lama membiarkan plafon lembab atau kotoran yang mengendap dapat menyebabkan atap plafon jebol. Tentu hal ini tidak ingin terjadi karena dapat membahayakan penghuni rumah.

Trik Mudah Membersihkan Noda Pada Plafon

Lantas bagaimana dengan plafon yang terlanjur terkena bercak noda? Plafon bernoda tentu membuat tampilan menjadi tidak menarik.

Jangan khawatir, membersihkan noda pada plafon ternyata cukup mudah. Trik membersihkan ini bisa diaplikasikan pada plafon jenis apapun, termasuk plafon akustik. Membersihkan noda plafon dapat dilakukan sendiri. Namun jika khawatirnya kurang memuaskan, ada banyak jasa membersihkan plafon yang siap mengubah plafon rumah seperti baru kembali.

Berikut ini adalah trik mudah membersihkan noda plafon rumah:

  1. Membersihkan Debu yang Menempel

Plafon adalah bagian yang cukup sulit dijangkau, sehingga tidak heran jika banyak debu, kotoran, jamur, atau sarang laba-laba. Untuk membersihkan plafon dari kotoran, bisa menggunakan kape scrap, amplas, hingga sapu bergagang panjang. Pembersihan dilakukan pelan-pelan agar tidak merusak plafon itu sendiri.

  1. Melapisi Plafon dengan Primer

Setelah plafon dibersihkan dari berbagai jenis kotoran, langkah selanjutnya adalah melapisi plafon dengan cat primer. Tujuan menggunakan cat primer adalah mencegah kandungan alkali langsung masuk ke lapisan cat. Bisa saja membersihkan noda langsung menggunakan cat, tetapi hasilnya akan kurang rapi, terutama pada bagian bekas noda. Dengan menggunakan cat primer, warna akan tampak rata. Biarkan lapisan cat primer selama 1-2 jam sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

  1. Mengecat Ulang Plafon

Inilah langkah terakhir membersihkan noda pada plafon rumah. Setelah cat primer benar-benar kering, maka cat ulang plafon rumah menggunakan cat tembok. Hasil cat tembok lebih baik daripada cat minyak atau kayu. Pengecatan sebaiknya dilakukan dua kali untuk mendapatkan hasil yang benar-benar merata. Dengan begini, plafon akan tampak seperti baru kembali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *