Dekorasi

Keunikan Interior Hunian Bergaya Mediterania

Keunikan Interior Bergaya Mediterania

Konsep interior tak melulu minimalis. Ada modern, kontemporer, mewah, klasik, mediterania, dan masih banyak lagi. Namun pada umumnya, masing-masing negara memiliki ciri khas gaya interior tersendiri. Seperti Spanyol, Italia, dan negara di Eropa lainnya yang terkenal dengan konsep desain arsitektur yang unik dan menarik. Salah satunya yaitu gaya mediterania. Seperti apa keunikan gaya ini?

Keunikan Gaya Mediterania

Secara bahasa, Mediterania berarti negeri tengah atau daratan. Sedangkan nama Mediterania sendiri berasal dari bahasa Latin Mediterraneus yang artinya di tengah daratan atau pedalaman. Penting untuk mengetahuinya karena gaya mediterania sangat dipengaruhi oleh unsur alam setempat. Gaya mediterania menonjolkan penampilan visual yang penuh warna berpadu dengan desain rustic dan budaya alam masyarakat daratan Eropa.

Uniknya, gaya ini bisa dipadukan dengan gaya modern. Sehingga menghasilkan tren yang disebut sebagai Mod-Mediterranean. Kombinasi tersebut menciptakan tampilan yang segar dan bersih tanpa menghilangkan elemen tradisionalnya.

Interior Ruang Tamu Mod-Mediterranean

Bagi Anda yang tertarik dengan desain dari Eropa dengan sentuhan modern, gaya ini bisa jadi pilihan. Furniture dan hiasan bisa Anda padu padankan sesuka hati. Misalnya pada pemilihan tirai, dibandingkan memasang tirai kain akan lebih modern jika Anda memasang roller blind. Tirai minimalis ini akan memberikan sentuhan modern pada ruangan. Banyak sekali jenisnya, Anda bisa cari di toko yang jual roller blind untuk melihat detail bahan dan model tirai. Begitu pula dengan warna, Anda bisa pilih sesuai dengan keselarasan ruangan.

Interior Kamar Tidur

Sedangkan untuk kamar tidur, konsep interior juga bisa Anda kombinasikan dengan gaya modern mediterania. Pilih furniture yang mengusung konsep tersebut yaitu furniture bergaya regional dan memiliki nuansa warna kuning, merah, dan cokelat. Jadi usahakan baik dari segi desain, warna, maupun faktor lainnya terlihat harmonis supaya enak dipandang mata.

Aksesoris dan Furniture Ruangan

Elemen khas Negeri Eropa, memiliki tekstur warna yang ikonik dan sedikit vintage. Umumnya desain furniture interior mediterania berukuran besar dan dibuat dari bahan kayu armoires dan pinus. Model seperti itu biasanya merupakan kebutuhan umum rumah-rumah yang tidak banyak memiliki lemari di kawasan Eropa pada abad ke-18 dan 19. Sementara itu model furniture rumah-rumah modern, ukuran besarnya bisa berlipat ganda karena difungsikan juga sebagai lemari penyimpanan.

Pada intinya, interior mediterania menawarkan begitu banyak warna, aroma, dan selera pada ruangan. Perabotannya sangat mencerminkan kultur komunitas dan gaya hidup yang santai. Itulah mengapa perabot dari kayu pinus menjadi semacam ciri gaya rustic yang khas dari Eropa selatan.

Kesimpulannya, konsep desain dari seluruh penjuru dunia sebenarnya dapat dikenali dari penggunaan material, warna, tekstur, dan hal lainnya yang umumnya dipengaruhi oleh budaya setempat. Kemudian, pengaruh tersebut masuk dalam desain yang akhirnya menciptakan style (gaya) interior masing-masing negara yang unik dan khas.

Itulah keunikan gaya mediterania dan inspirasi interior ruangan yang mungkin bisa Anda terapkan. Ingat, saat ingin mengombinasikan gaya mediterania dengan konsep modern atau minimalis, pilih furniture yang masih masuk dalam gaya tersebut setidaknya dari segi warna. Seperti ketika Anda ingin memasng roller blind. Pilih warna yang bernuansa kuning, merah, atau cokelat. Jika bingung, Anda bisa cari referensi desain interior secara online atau berkonsultasi pada pihak yang jual roller blind, model seperti apa yang sesuai dengan konsep interior ala mediterania.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *