Pembangunan

Kelebihan dan Kekurangan Batako untuk Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Sedang mencari material untuk bangunan? Anda pasti akan mendapatkan banyak referensi material batu bata seperti batako (concrete brick), bata merah dan bata ringan. Ketiganya adalah material yang banyak digunakan untuk membangun hunian hingga gedung bertingkat di Indonesia. Diantara ketiganya manakah yang memiliki kualitas dengan harga terjangkau? Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan and concrete brick akan dibahas lebih lanjut di sini.

Concrete brick adalah batu bata padatan yang dibuat dari bahan seperti kapur, kricak, pasir dan juga semen. Semua bahan dicampur kemudian dicetak dengan di press. Umumnya concrete brick digunakan untuk membuat dinding bangunan yang ditempelkan dengan bahan semen, pasir dan air. Untuk memasangnya perlu ketelitian supaya hasilnya kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Bentuk concrete brick bervariasi tergantung ketebalan dinding yang ingin dibuat. Bentuknya juga berbeda dengan bata merah yang hanya balok. Concrete brick memiliki bagian lubang di tengahnya yang berfungsi sebagai tempat adukan semen untuk perekat. Ada juga concrete brick yang terbuat dari bahan tras yang merupakan tanah berwarna putih kecoklatan.

Apapun jenisnya, batako memiliki kelebihan dan kekurangan yang kurang lebih sama. Ketika hendak membandingkan, anda perlu tahu akan hal ini. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Material Concrete Brick

Pembuatannya yang cukup mudah membuat harga concrete brick lebih murah dibandingkan material batu bata lainnya. Tak hanya harga yang paling murah, ada beberapa kelebihan lain sebagai berikut :

  • Ukuran besar mempercepat proses pemasangan

Ukuran dari batako lebih besar dibandingkan bata merah dan bata ringan, alasan ini juga membuat anda bisa menghemat budget pembangunan rumah. Karena tidak terlalu banyak material yang harus dibeli. Ditambah lagi keuntungan ukuran yang besar adalah cepat selesainya proses pengerjaan bangunan. Anda tidak membutuhkan terlalu banyak tukang apalagi waktu yang lama.

  • Cetakan sama membuat hasil lebih rapi

Tak perlu takut akan hasilnya, walaupun menggunakan sedikit tenaga bangunan hasil bisa lebih cepat dan juga rapi. Kerapiannya disebabkan oleh cetakan dari concrete brick sama sehingga memudahkan pemasangan untuk hasil yang sempurna. Anda tidak akan kecewa dengan hasil pemasangannya.

  • Memiliki bobot yang lebih ringan dari bata merah

Bobotnya yang ringan memudahkan transportasi pembelian concrete brick ke area pembangunan. Sifat ringannya ini dipengaruhi oleh keberadaan ringan pada bagian dalam yang berfungsi untuk mengisi adonan semen. Jadi walaupun material ini terbuat dari pasir dan juga semen bobotnya akan tetap membuat hunian berdiri kokoh.

  • Proses pemotongan mudah menyesuaikan bangunan

Seringkali material untuk membangun dinding sulit untuk dipotong karena terlalu keras atau mudah hancur. Namun tidak jika anda menggunakan concrete brick yang sangat mudah dipotong. Anda bisa membeli dalam jumlah pas dan memotong-motongnya sesuai dengan ukuran bangunan.

Kekurangan Material Concrete Brick

Banyak kelebihan yang didapatkan jika menggunakan concrete brick, tapi ada juga kekurangan yang harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli. Berikut kekurangannya :

  • Mudah pecah jika tidak diisi adonan semen

Material ini mudah pecah apabila tidak diisi dengan adukan semen yang bagus pada bagian lubangnya. Karena bagian lubang tersebut akan membentuk rongga yang kemudian hari membuat bangunan tidak kokoh.

  • Sifatnya menyerap panas

Hunian dengan dinding concrete brick harus memiliki sirkulasi udara yang bagus karena dinding memiliki sifat menyerap panas. Efek ini muncul karena pengaruh dari kandungan semen yang tinggi pada concrete brick.

Apabila anda yakin memilih batako sebagai material untuk bangunan, pastikan pilih yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu perhatikan juga proses pembangunannya supaya dinding bisa lebih kokoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *