Mekanikal & Elektrikal

5 Jenis Fitting Atau Aksesoris Pipa HDPE

Jenis Fitting Atau Aksesoris Pipa HDPE

Dalam teknologi perpipaan, pipa HDPE dapat dikatakan termasuk pipa dengan kualitas yang terbaik dan paling diunggulkan. Pipa jenis ini menjadi salah salah satu pipa yang paling banyak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada banyak bidang konstruksi. Pipa dengan teknologi HDPE digunakan untuk instalasi saluran air bersih, instalasi saluran gas, hingga pada industri pembungkus kabel.

Khusus untuk HDPE pipe yang digunakan untuk industri gas bertekanan dan saluran air bersih, produk ini memiliki pasangan untuk membuat kinerjanya menjadi lebih optimal. Pasangannya biasa disebut sebagai fitting atau aksesoris. Fungsinya adalah membuat aliran gas atau pun air dalam pipa menjadi lebih besar, lebih kecil, atau bahkan dibagi menjadi beberapa arah.

Nah sekarang apa saja fitting atau aksesoris HDPE pipe yang paling umum digunakan dalam industri perpipaan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Aneka Jenis Fitting atau Aksesoris Untuk Pipa HDPE

HDPE sendiri merupakan singkatan dari High Density Poly Ethylene yakni sebuah material pipa dengan kemampuan elatisitas tinggi, bahkan bisa digulung. HDPE sendiri merupakan produk pengembangan dari material PE yang telah lebih dulu dikenal. Sementara untuk fitting-nya sendiri, HDPE pipe memiliki sangat banyak jenis. Namun beberapa yang paling populer antara lain adalah;

1. Fitting HDPE Elbow

Sesuai dengan namanya, fitting elbow digunakan untuk membelokkan pipa ke arah yang dibutuhkan. Meskipun elastis dan kuat, jika HDPE ditekuk secara paksa dalam kurun waktu yang lama, tentu saja dapat mengganggu ketahanannya.

Fitting elbow sendiri terdiri dari banyak model dan bentuk. Akan tetapi jika dilhat dari sudut pembelokannya, elbow fitting untuk HDPE dibagi dalam dua kategori yakni fitting elbow 45° dan fitting elbow 90°.

2. Fitting HDPE Tee

Untuk harga pipa HDPE di temtera.com termasuk ekonomis dan terjangkau. Hal ini memungkinkan pula pengembangan yang banyak untuk jenis fitting. Misalnya fitting tee atau fitting cabang  ini sendiri yang berfungsi untuk membagi aliran. Selain ada fitting tee straight dengan ukuran yang sama besar dengan pipa utama, ada pula fitting tee reducer yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar dari pipa utama.

3. Fitting HDPE Stub End

Jenis Fitting Atau Aksesoris Pipa HDPE

Fitting satu ini digunakan sebagai fitting yang menutup aliran pipa sepenuhnya. Model fitting stub end pun bermacam-macam, namun dari sisi kegunaannya hampir dapat dikatakan sama yakni membuat aliran air di dalam pipa terhenti dan tertutup. Meskipun tertutup, namun hal ini tidak permanen karena pada ujung stub end fitting biasanya telah dilengkapi pula teknologi yang memungkinkannya untuk disambung kembali dengan HDPE pipa yang lainnya.

4. Fitting HDPE Reducer Tee

Sesuai dengan namanya, reducer fitting digunakan untuk memperkecil volume atau tekanan air dalam pipa. Proses mengurangi tekanan aliran ini sendiri dapat dilakukan dengan berbagai mekanisme. Akan tetapi yang paling umum dari cara reducer pada fitting HDPE adalah dengan membagi aliran dan juga memperkecil output aliran  yang dihasilkan.

5. Clamb Saddle, Rubber Packing  dan Flange

Selain fitting, aksesoris HDPE lainnya adalah Clamp Saddle, Rubber Packing dan juga Flange. Tiga jenis aksesoris ini pada umumnya digunakan pada proses instalasi penyambungan supaya tidak terjadi kebocoran.

Pipa HDPE adalah pipa dengan kualitas yang paling diunggulkan untuk berbagai keperluan. Selain terkenal sangat elastis dan kuat, HDPE juga tahan terhadap berbagai potensi kerusakan lain semacamkorosi atau bahkan pelapukan. Karena berbagai keistimewaan tersebut maka memang tidak mengherankan penggunaan HDPE sebagai komponen utama instalasi saluran air tidak akan mudah tergantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *