Dekorasi

7 Kriteria Kamar Mandi Sehat dan Ideal Untuk Tempat Bersihkan Diri dan Relaksasi

Kamar Mandi Sehat dan Ideal

Kamar mandi menjadi salah satu bagian yang vital dalam sebuah rumah. Keberadaan kamar mandi ini digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri. Jadi segala sudutnya harus nampak bersih dan tertata rapi.  Namun, tahukan anda bagaimanakah kamar mandi yang sehat dan ideal itu? Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak anda untuk membahas mengenai bagaimanakah kriteria kamar mandi dmyang sehat dan ideal pada sebuah rumah.

Kriteria Kamar Mandi yang Sehat dan Ideal

Untuk bisa menciptakan sebuah kamar mandi yang sehat dan ideal, maka anda perlu memperhatikan berbagai macam hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan pada saat membangun sebuah kamar mandi. Lalu pertimbangan apa saja yang dimaksud? Berikut ini adalah penjelasannya secara detail.

1. Perhatikan Ukuran Kamar Mandi

Untuk menciptakan sebuah kamar mandi yang sehat dan ideal, maka ukuran pada kamar mandi tidak harus besar ataupun kecil. Besar kecilnya sebuah ukuran kamar mandi disesuaikan dengan ukuran rumah anda. Namun yang terpenting adalah perawatan kamar mandi yang dilakukan secara rutin. Jagalah kamar mandi selalu dalam keadaan bersih.

2. Perhatikan Material pada Kamar Mandi

Pada dasarnya penggunaan keramik pada material kamar mandi disarankan karena material satu ini sangat murah untuk dibersihkan. Gunakanlah keramik yang bertekstur pada bagian kamar mandi. Hal ini dilakukan supaya kamar mandi tidak licin dan mengkilap.

Pemasangan lantai keramik juga harus diperhatikan. Misalnya saja saat di pasang keramik harus dalam posisi sedikit miring dan condong turun ke bagian pembuangan air supaya lebih mudah mengalir. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan lantai floor hardener yang kuat pada lantai

3. Kamar Mandi Harus Mempunyai Jendela

Kamar Mandi yang Sehat

Fungsi dari jendela pada kamar mandi bukan hanya untuk sumber cahaya masuk supaya kamar mandi tidak gelap, namun juga dijadikan sebagai sumber sirkulasi udara agar suhu udara di dalam kamar mandi akan menjadi lebih ideal dan juga kamar mandi tidak lembab

4. Dilengkapi Exhaust Fan

Jika tidak memungkinkan di pasang jendela, anda bisa menggunakan Exhaust Fan untuk bisa menyaring serta menyerap udara di dalam kamar mandi. Sehingga sirkulasi udara di dalam kamar mandi akan tetap terjaga.

Alternatif selanjutnya adalah dengan menggunakan Exhaust Fan maka dengan menggunakan sirip-sirip pada pintu kamar mandi supaya udara bisa masuk ke dalam.

5. Gunakan Shower

Salah satu cara untuk mengurangi kelembaban ruangan adalah untuk menghindari penggunaan bak mandi dan menggantinya dengan shower. Karena tinggal di daerah tropis dan lembab, jamur akan mudah tumbuh dan bila terhirup bisa menyebabkan alergi dan juga masalah penyakit pernafasan. Oleh karena itu, usahakan kamar mandi selalu dalam keadaan kering dengan tijuan untuk mengurangi perkembangan kuman. Selain itu jika ada lantai yang rusak maka segeralah gunakan lantai floor hardener yang digunakan untuk merekatkan kembali lantai dengan kuat.

6. Pemilihan Tempat Sampah

Sebaiknya gunakan tempat sampah yang tertutup dan mudah untuk dibuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran atau sisa barang pemakaian di kamar mandi.menjadi berantakan di sekitar kamar mandi. Anda juga harus selalu membuang sampah yang ada serta membersihkanya secara rutin.

7. Kamar Mandi Harus Selalu Dibersihkan

Hal yang sangat penting untuk bisa menciptakan kamar mand yang ideal dan sehat adalah selalu rutin dalam membersihkannya.  Hal ini berguna untuk mencegah bakteri masuk ke dalam yang membuat kamar mandi berbau dan kotor. Selain itu, anda harus secara rutin memeriksa lantai floor hardener. Jika rusak segera perbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *