Dekorasi

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 5 Pilihan Bahan Plafon

5 Pilihan Bahan Plafon

Selain atap, plafon atau langit-langit merupakan komponen yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari panas dan hujan. Plafon berfungsi sebagai pembatas antara atap dan ruangan. Dengan penggunaan plafon pada bangunan dapat membuat ruangan terlihat lebih rapi dan bersih, karena debu atau kotoran dari atap tidak akan langsung jatuh ke lantai. Selain itu plafon juga dapat menyembunyikan instalasi kabel listrik, sehingga interior ruangan tidak terlihat berantakan.

Tinggi dan rendahnya ruangan juga ditentukan dari jarak plafon dengan permukaan lantai. Tinggi plafon ini dapat memberikan efek yang berbeda bagi ruangan. Umumnya jarak antara lantai dan plafon sebesar 3 sampai 3,5 meter dan jarak terendah adalah 2,5 meter. Jangan sampai Anda memasang plafon dibawah dari jarak terendah ya, karena dapat membuat ruangan terkesan sempit dan sesak.

Karena peran plafon yang sangat penting, maka Anda tidak boleh sampai salah memilih. Plafon terbuat dari berbagai bahan seperti plafon gypsum, triplek, metal dan lain sebagainya. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Maka untuk memilih bahan plafon yang tepat Anda harus mempertimbangan berbagai faktor, seperti cuaca, desain dan fungsi bangunan.

5 Pilihan Plafon Dari Berbagai Bahan

Anda tidak perlu lagi bingung memilih bahan plafon. Berikut adalah inspirasi plafon dari berbagai bahan yang bisa Anda pilih:

1. Plafon Triplek

5 Pilihan Bahan Plafon

Bisa dibilang plafon yang satu ini adalah plafon yang klasik, karena sudah digunakan sejak lama. Sebelum orang-orang mengenal gypsum sebagai bahan plafon, triplek merupakan primadona di dunia plafon. Bahan utama pembentuk plafon ini adalah kayu yang sudah ditipiskan dan dibentuk sedemikian rupa menjadi lembar-lembar papan. Papan triplek yang digunakan sebagai plafon biasanya memiliki ketebalan 3mm sampai 6 mm. Keuntungan memakai plafon jenis ini adalah harganya yang tergolong murah dan juga pemasangannya yang mudah. Namun, sayangnya plafon triplek tidak tahan api dan juga cepat rusak jika terkena air.

2. Plafon Gypsum

5 Pilihan Bahan Plafon

Plafon Gypsum saat ini cukup diminati banyak orang. Plafon tersebut sangat cocok digunakan untuk rumah yang bergaya modern dan minimalis. Plafon berbahan gypsum tersedia dalam berbagai model dan bentuk, sehingga ruangan tidak terlihat membosankan. Jika dipasang dengan benar dan tepat, sambungan pada plafon bisa dibuat menjadi tidak terlihat. Dengan begitu, hasil pemasangan plafon ini bisa terlihat sangat rapi.  Akan tetapi, bahan gypsum cenderung menyerap air dan jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan parah hingga ambruk. Maka sebelum memasang plafon, pastikan tidak ada kebocoran pada atap rumah Anda.

3. Plafon Eternit

Daya tahan plafon eternit terhadap air dan api cukup tinggi, karena plafon ini terbuat dari serat asbestosis. Jika dibandingkan dengan plafon lainnya, plafon jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, yaitu sekitar 100 x 50 cm. Harga plafon eternit pun tidak menguras kantong. Bahan plafon ini cenderung mudah retak dan patah. Oleh karena itu, dalam proses pemasangan Anda harus sangat berhati-hati. Untuk memperindah hasil akhir, Anda bisa melapisi plafon ini dengan cat tembok atau cat khusus plafon.

4. Plafon Metal

5 Pilihan Bahan Plafon

Bahan utama pembuat plafon ini adalah lempengan metal tipis yang diembos dan dicetak dengan berbagai motif. Untuk menyempurnakan hasil akhirnya, plafon metal juga dilapisi dengan cat minyak. Meski harganya tergolong mahal, tetapi kualitas plafon ini tidak diragukan lagi bagusnya. Plafon ini anti air dan anti rayap, sehingga cukup kuat dan tahan lama. Namun, proses pemasangan plafon metal tergolong cukup sulit.

5. Plafon PVC

PVC atau Polyvinyl Chloride lebih dikenal sebagai bahan pembuat pipa. Namun siapa sangka, ternyata bahan ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat plafon. Plafon PVC memiliki bobot yang sangat ringan. Selain itu, bahan ini juga anti air, anti rayap dan tahan terhadap api. Plafon PVC hadir dengan berbagai motif dan warna yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *