DekorasiMaterial

5 Jenis Batu Marmer Produk Lokal Kualitas Internasional

Batu Marmer, Material yang Menjadi Lambang Kemewahan

Batu marmer adalah material konstruksi bangunan yang sering dianggap mewah serta menambah estetika. Marmer sendiri merupakan batuan alam, pada dasarnya corak marmer yang asli tidak bisa diseragamkan karena alurnya yang berbeda-beda. Corak yang dihasilkan marmer berasal dari proses pembentukan alami. Walaupun dari segi estetika terlihat begitu cantik, marmer dapat kehilangan kilau bila terkena bahan kimia seperti minyak dan lainnya. biasanya, saat kilaunya sudah mulai memudar, pengguna bisa menggunakan jasa poles marmer.

 

Ciri Marmer Asli

Bila Anda tertarik menggunakan marmer untuk hunian Anda, salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah ciri batu asli. Karena harga mewah yang dimiliki, tak jarang banyak tempat jual marmer yang nakal memalsukan batuan ini. Berikut ciri marmer asli yang harus Anda ketahui, antara lain:

 

1. Memiliki gugusan kristal sama

Ciri marmer asli adalah strukturnya yang terlihat begitu kompak. Biasanya, marmer asli mempunyai gugusan kristal sama dan terdapat bagian teksturnya yang halus.

 

2. Goresan lapisan silikat gelap

Arah goresan silikat yang dimiliki oleh marmer asli pada dasarnya berbeda dengan batuan lainnya, meskipun saat Anda melihatnya sekilas keduanya mirip, tetap saja marmer asli mempunyai tekstur batuan halus, sampai kasar, selain itu kekuatannya pada perubahan iklim dan tekanan beda dengan batuan lain.

 

3. Kualitas paling baik memiliki warna putih

Marmer asli berkualitas paling baik biasanya memiliki warna putih. Hal tersebut disebabkan karena tingginya kandungan kalsit yang dimiliki, bahkan kandungan kalsitnya mencapai 90% lebih. Sedangkan, untuk marmer yang memiliki warna abu-abu, biasanya mengalami pembentukan berbeda, karena memiliki kandungan grapit yang cukup banyak. Bagaimana dengan marmer yang memiliki warna merah dan pink? Marmer dua warna ini biasanya memiliki kandungan hematit yang cukup banyak.

 

Jenis Marmer di Pasaran

Pada dasarnya, ada berbagai macam jenis marmer, entah marmer lantai atau pun marmer yang digunakan untuk kebutuhan interior lain. Berikut beberapa jenis marmer yang harus Anda ketahui, antara lain”

  • Statuary marble, jenis ini biasanya memiliki warna putih, Anda bisa menggunakan marmer ini untuk kebutuhan interior rumah,
  • Shell marble, jika mencari marmer yang berasal dari fosil-fosil, marmer jenis ini adalah jawabannya, meskipun memiliki harga yang cukup mahal,
  • Ruin marble, jenis ini mempunyai tekstur kristal yang tak teratur, sehingga corak alaminya sangat terlihat,
  • Ornamental marble, kelebihan jenis ini adalah warna menarik yang dimilikinya,
  • Cipolin marble, marmer ini memiliki kandungan mineral mika talk,
  • Architectural marble, dibandingkan dengan berbagai jenis yang lainnya, jenis ini biasanya memiliki tekstur, warna hingga kekuatan yang sangat baik.

 

Penggunaan utama marmer ini biasanya untuk estetika seperti hiasan dinding, meja hingga lampu hias. Penggunaan marmer disesuaikan dengan ukuran, kualitas serta tujuannya, contohnya untuk dinding, tentu saja ukurannya berbeda dengan lantai, oleh sebab itu sebelum melakukan pembelian, pastikan marmer memiliki kualitas yang sesuai dengan penggunaannya.

Penggunaan marmer sebagai estetika sebenarnya sebenarnya sudah dilakukan dari zaman dulu, namun kepopuleran penggunaan bahan ini baru booming beberapa tahun belakangan ini karena sekarang ini pemilik rumah bukan hanya ingin memberikan kesan nyaman pada hunian, namun mereka semakin memperhatikan tampilan atau estetika, sehingga meskipun batu marmer memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bahan konstruksi yang lainnya, marmer tetap menjadi pilihan utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *